Home » Travel Info » 12 Tips & Trik  Menghindari Penipuan Travel ke Bali  

Bali merupakan destinasi wisata yang menjadi magnet wisatawan. Banyak agen travel yang menyediakan layanan untuk liburan ke wisata tersebut. Anda harus teliti agar terhindar dari penipuan travel ke Bali.

Kebanyakan penipuan bermula dari trik sederhana maupun secara langsung. Wisatawan yang terlalu menggebu untuk berlibur ke Bali dengan mudah jatuh dalam perangkap, sehingga kemudian merasa tidak nyaman dan kebingungan tentang arah.

Anda perlu memperhatikan beberapa trik agar terhindar dari penipuan yang terkenal di Bali agar liburan anda menjadi lancar dan menyenangkan.

Penipuan Travel Ke Bali

Penipuan Travel Ke Bali. Foto: dailymail.co.uk

12 Tips Agar Terhindar dari Penipuan Travel ke Bali 

Beberapa tips dan trik agar berlibur anda menyenangkan tanpa penipuan sebagai berikut:

1. Melihat Profesionalitas Agen Travel

Agen travel resmi memiliki profesionalitas kerja yang cukup terlihat. Bahkan agen besar umumnya menggunakan jasa customer service untuk sarana konsultasi para wisatawan yang akan menggunakannya.

Dari Customer service tersebut anda dapat memastikan apakah agen tersebut merupakan agen resmi dan profesional. Bahkan dari pelayanan customer service tersebut dapat dilihat kualitas pelayanan selanjutnya.

2. Mengecek Akun Media Sosial

Umumnya agen travel besar memiliki beberapa akun media sosial untuk promosi jasa layanan liburan. Akun media sosial merupakan portofolio badan usaha. Sehingga anda dapat melihat dari akun tersebut sebagai pertimbangan.

Pilihlah travel yang memiliki beberapa kriteria dalam suatu badan usaha terpercaya untuk menghindari penipuan travel ke Bali. Umumnya terdapat keterangan detail mengenai badan usaha tersebut, sehingga semakin yakin bahwa yang anda pilih merupakan agen terkenal dan terpercaya.

Anda bisa cek sejak kapan akun agen tersebut dibuat dan sudah berapa lama melayani trip ke Bali. Semakin lama agen tersebut berdiri maka semakin meyakinkan anda. Hindari akun medsos baru, karena kemungkinan hanya agen abal-abal.

3. Testimoni

Sebaiknya anda memilih agen travel yang memiliki testimoni yang banyak dan baik. Hal ini sebagai penilaian anda mengenai fasilitas dan layanannya.

Hindari open trip perorangan, anda dapat mengecek via akun media sosial milik badan usaha tersebut. Pasti ada testimoni kepuasan wisatawan yang menggunakan agen tersebut.

Umumnya akan terlihat dari hastag dan tag foto di akun sehingga terlihat sudah berapa banyak orang yang menggunakan jasa agen tersebut.

Meskipun sekarang banyak agen abal-abal yang menggunakan testi penipuan travel ke Bali, namun anda harus tetap berhati-hati dan mempertimbangkan penilaian tersebut.

4. Mengecek Badan Hukum Agen

Umumnya agen besar memiliki legalitas maupun badan hukum. Hal ini menjadi satu-satunya sumber yang jelas. Jika agen tersebut telah memiliki badan hukum, maka anda tidak usah ragu untuk memilih.

5. Mencari Review dari Forum 

Travelling menjadi salah satu yang paling di minati banyak orang. Bahkan forum diskusi juga terus berkembang. Carilah review kualitas pelayanan agen dari forum tersebut.

Anda dapat mengamati berbagai penilaian dalam forum tersebut. Maka, anda akan semakin yakin dalam menentukan travel yang tepat untuk digunakan.

6. Memperhatikan Cara Berkomunikasi Agen

Jika sambutan awal saja tidak menunjukkan kesan formal, maka sebaiknya anda tidak menggunakan jasa tersebut. Karena komunikasi dan sambutan baik dari agen menjadi salah satu yang paling penting. Hal tersebut bisa saja pertanda penipuan travel ke Bali

7. Memastikan Harga Rasional

Anda dapat mengestimasi sendiri berapa biaya dan pengeluaran yang mungkin dikeluarkan. Sehingga, anda dengan mudah membandingkannya dengan agen tersebut.

Anda jangan terpaku pada harga murah saja, namun juga rasional. Karena harga murah belum tentu menjanjikan pelayanan yang baik. Bahkan harga yang tidak rasional tersebut menunjukkan bahwa agen tersebut tipu-tipu.

8. Konfirmasi dengan Rekan di Bali

Jika anda memiliki rekan maupun teman yang berada di Bali, maka dapat meminta bantuan untuk survey agen yang akan anda gunakan tersebut.

Umumnya agen resmi memiliki kantor yang resmi sehingga pelanggan dengan mudah menemukan kantor tersebut. Sehingga terhindar dari bentuk penipuan travel ke Bali.

9. Memperhatikan Rencana Perjalanan

Bagi yang sudah terlanjur menentukan jasa agen, untuk memberi penilaian yakni anda cek detail rencana perjalanan dari agen tersebut.

Terutama paket trip yang sudah terjadwal. Jika memang benar agen tersebut profesional, maka akan sesuai dengan rencana trip tersebut. Bahkan agen tersebut akan memberikan anda tanggal pasti keberangkatan hingga jadwal rencana pastinya.

10. Melihat Biaya yang Dicover Agen

Langkah lainnya, anda cek ketetapan waktu perjalanan serta apa saja biaya yang di cover agen tersebut. Banyak agen yang memberikan harga murah namun tidak mengutarakan secara jelas fasilitas yang diperoleh.

Karena penipuan travel ke Bali, banyak wisatawan kecewa dengan pelayanan serta fasilitas yang diberikan agen tersebut. Sebaiknya, anda survey terlebih dahulu dan melihat detail dari fasilitas yang diberikan.

Hal ini mempermudah anda dalam menentukan apakah fasilitas tersebut sesuai dengan harga yang dibayarkan. Jangan sampai anda salah langkah dan memilih agen yang tidak tepat.

11. Melakukan Follow Up Status  Perjalanan

Anda pantau terus sampai mana dokumen dan kebutuhan untuk liburan tersebut. Jika agen resmi, maka tidak akan menghabiskan waktu yang lama untuk memproses dokumen ke Bali. Karena hal tersebut merupakan salah satu profesionalitas agen dalam memberikan pelayanan terbaik.

Namun sebaliknya, jika agen tersebut berbelit-belit, maka anda wajib khawatir akan kredibilitas agen tersebut. Anda sebaiknya melakukan pengontrolan dan pemantauan secara lanjut.

12. Hindari  Transfer Dana Ke Rekening Bukan Nama Sebenarnya

Menghindari penipuan travel ke Bali, sebaiknya anda menghindari transaksi pembayaran dengan nama bukan pemilik. Umumnya badan resmi akan menggunakan nama rekening badan tersebut atau nama pemilik resmi. Jika agen menggunakan rekening bukan nama pemilik, maka anda perlu waspada.

Bisa saja hal tersebut dilakukan oleh oknum perseorangan saja dan mengatasnamakan badan usaha tertentu. Anda bisa melakukan pembayaran secara langsung melalui kantor resmi agen tersebut. Demi menghindari bentuk penipuan maka sebaiknya anda waspada dan teliti dalam melakukan pemesanan travel tersebut.

Travel Ke Bali Terbaik, Terpercaya dan Profesional

Anda dapat mempercayakan travel ke Bali anda kepada panduwisata.com yang memberikan pelayanan paket wisata Bali dan Paket Honeymoon. Panduwisata.com merupakan travel terpercaya dan berpengalaman yang menyediakan berbagai fasilitas pendukung mulai dari sewa mobil, tiket cruises, tiket rafting, dolphin Lovina dan masih banyak lagi.

Telah banyak wisatawan, perseorangan, kantor-kantor hingga perusahaan yang sudah sering bekerja sama dengan panduwisata.com. Travel tersebut telah memiliki banyak testimonial dan pelayanan terbaik sehingga anda tidak akan terkena penipuan travel ke Bali.

Paket Wisata yang sudah disediakan bervariasi. Anda dapat melihat list detail masing-masing  dari paket wisata tersebut. Harga yang ditawarkan juga telah tercantum sesuai fasilitas dan perjalanan yang dikemas dengan baik.

Secara transparan dan terbuka telah di informasikan, sehingga anda tidak perlu ragu lagi dengan travel panduwisata.com.

Anda dapat melakukan pemesanan dengan mudah dan tidak ribet dengan sistem pembayaran awal 20% dan sisanya 80% dapat diselesaikan di Bali.

Dengan panduwisata.com perjalanan liburan anda semakin berkesan dan menjadi moment yang tak terlupakan. Anda dapat menghindari penipuan travel ke Bali dan menikmati liburan dengan menyenangkan.

# Share this information with your friends

Contact Us

If you have any questions, please contact us.