Home » Uncategorized »  12 Tempat Wisata Bersejarah di Bali Untuk Liburan Pelajar & Guru Pengajar

Bicara soal Bali adalah destinasi yang sangat populer, bahkan hingga mancanegara. Tidak jarang turis lebih mengenal Dewata daripada Indonesia, berikut merupakan tempat wisata bersejarah di Bali.

Cukup menarik bukan, Pulau Dewata yang eksotis ini memiliki magnet tersendiri. Dengan menyuguhkan wisata yang alami dan membuat penikmatnya kembali lagi.

Tapi tahukah kalian bahwa Bali juga memiliki berbagai tempat wisata bersejarah. Disamping pantai yang indah sebagai destinasi utamanya.

Berikut ini merupakan tempat wisata sambil belajar sejarah yang dapat anda coba. Hal ini akan membuat anda tertarik untuk mengunjunginya.

12 Tempat Wisata Bersejarah di Bali Liburan Pelajar & Guru Pengajar

Ilustrasi Tempat Wisata Bersejarah di Bali. Foto : pegipegi.com

12 Tempat Wisata Bersejarah di Bali

Beragam lokasi ini dapat anda jadikan liburan edukasi atau study tour. Baik para pelajar maupun para guru dan karyawan sekolah akan menikmati destinasi wisata bersejarah yang menarik, tidak membuat bosan.

Museum Bali

Lokasi pertama yang menjadi rekomendasi wisata bersejarah di Pulau Dewata yaitu, Museum Bali. Bangunan bersejarah ini telah ada sejak 1910 dan masih bertahan sangat baik hingga kini.

Terungkap bahwa museum ini menjadi salah satu bangunan tertua di Bali. Pembangunan Museum ini selesai pada tahun 1931, dan diresmikan pada tahun yang sama.

Koleksi yang terdapat dalam Museum Bali berkisar 10.506 kurang lebih. Berbagai jenis dan juga memiliki fungsi berbeda. Dalam museum ini memiliki dua kolam renang yang berasal dari mata air pegunungan.

Tidak jarang menjadikannya study tour para pelajar. Koleksi etnografi khas akan Bali, serta perkembangan yang ada. Hal ini yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi yang penasaran dengan Dewata ini.

Taman Ujung

Tempat wisata bersejarah di Bali yang ini sering disebut sebagai Taman Soekasada. Merupakan istana air kerajaan Karangasem, sering menjadi tempat pre-wedding. Suasana juga sangat asri dan tenang.

Dibangun pada tahun 1901, terungkap bahwa dulunya tempat ini dijadikan sebagai tempat membuang ilmu hitam (Dirah). Raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik, pada tahun 1909 memandatkan dua orang arsitek.

Mereka adalah Van Den Hentz asal Belanda dan Loto Ang asal Tiongkok membangun tempat ini. Maka dapat kita lihat bangunan ini memiliki nuansa Tiongkok dan Belanda yang bercampur.

Tirta Gangga

Tempat wisata bersejarah di Bali selanjutnya merupakan sebuah taman air. Bertempat dalam daerah Karangasem, bernama Tirta Gangga.

Menjadi bangunan yang tua juga karena dibangun sejak 1948, pada saat Kerajaan Karangasem. Awalnya tempat ini merupakan lokasi beristirahatnya para keluarga kerajaan.

Taman air indah dengan patung yang begitu banyak membuat daya tarik tersendiri. Walaupun bagunan tua, namun arsitektur dalam bangunan ini justru terlihat sangat megah dan khas Bali.

Suasana yang akan anda dapatkan ketika berkunjung ke destinasi satu ini yakni terasa tenang dan sejuk. Ketika menikmati taman air berisikan patung tersebut juga dikelilingi keindahan alam, sawah dan pepohonan yang menghijau.

Destinasi ini akan sayang apabila anda lewatkan begitu saja. Letaknya juga tidak terlalu jauh dari kota, maka mampirlah sejenak untuk menikmati nuansa Bali yang sesungguhnya.

Pura Besakih

Tempat wisata bersejarah di Bali bernama Pura Besakih ini merupakan tempat ibadah Pura yang terbesar di Bali. Bangunan ini kental akan nuansa sejarah, bertempat di kaki gunung Agung menjadikannya kawasan yang sejuk.

Dalam bangunan ini juga terdapat peninggalan sejara masa megalitikum. Tahta Batu dan Menhir yang merupakan peninggalan sejarah tersebut.

The Soekarno Center

Tempat wisata bersejarah Bali ini berisikan segala hal yang menyangkut dengan Presiden pertama RI, bapak Ir. Soekarno. Ornamen dalam bangunan ini dominan emas dan merah.

Beragam koleksi dalam museum ini cukup lengkap. Semua tentu saja hubungan erat dengan bapak negara pertama Indonesia tersebut.

Ketika sedang mengunjungi pura ini kita akan diwajibkan mengenakan selendang beserta sarung khas Bali.

Tanah Lot

Tempat wisata bersejarah di Bali ini pasti sudah tidak asing lagi. Salah satu destinasi populer di Pulau Dewata ini merupakan tempat suci bagi agama Hindu.

Lokasi yang berdekatan dengan pantai, juga berada di atas batu karang. Sering menjadi tempat upacara, sekitar 210 Hari sekali. Akan indah jika anda datang ketika sore hari untuk mengabadikan sunset Dewata.

Pura Luhur Uluwatu

Tempat wisata bersejarah di Bali ini juga salah satu tempat beribadah yang bisa anda jadikan study tour. Bangunan ibadah ini berada di ketinggian 97 mdpl, berada tepat di bukit Karang.

Tidak hanya berwisata namun juga membersihkan paru-paru anda. Jika berkunjung pada pukul 18.10 WITA anda dapat menikmati pertunjukan Tari Kecak.

Hal ini akan menjadi momen yang berharga ketika sudah sampai di Bali. Sayang sekali jika sudah jauh-jauh ke Bali namun tidak menyempatkan menonton Tari Kecak yang sudah mendunia ini.

Kapal Karam USS Liberty

Tempat wisata bersejarah yang ini sudah ada sejak lama sekali. Merupakan peninggalan Perang Dunia II.

Berawal dari kapal yang teronggok di bibir pantai sejak tahun 1942. Ketika terjadi letusan gunung Agung pada tahun 1963, kapal ini bergeser kurang lebih 30 meter dari posisi semula.

Anda harus menyelam di daerah Tulamben untuk melihatnya. Sebaiknya pada pagi hari atau pukul 3 sore untuk mendapatkan momen terbaik.

Kertagosa

Tempat wisata bersejarah di Bali ini sudah dibangun sejak Kerajaan Waturenggong. Berada si Gelgel Klungkung tahun 1686, berawal sebagai tempat pengadilan Kerajaan.

Hal yang menarik daribangun bersejarah ini ada pada langit-langitnya. Berhiaskan lukisan tentang wayang cerita Ramayana, Mahabarata dan Tantri. Dengan dominan warna keemasan yang mengesankan megah.

Monumen Bajra Sandhi

Tempat wisata bersejarah di Bali ini menjadi bangunan monumen perjuangan rakyat. Bertujuan untuk mengenang perjuangan rakyat melawan penjajah.

Bangunan ini menggunakan bentuk Bajra (Genta) besar. Lokasinya berada di tengah Denpasar dan mudah untuk dijangkau.

Makam Jayaprana

Tempat wisata bersejarah Bali merupakan tempat peristirahatan terakhir sosok cinta legendaris. Pasangan Jayaprana dan Layonsari, sering disebut Romeo-Juliet versi Pulau Dewata.

Lokasinya berada di tengah hutan yang bernuansa alam dan tenang. Kisah cinta tragis mereka terkenang bahkan hingga sekarang.

Gunung Kawi

Tempat wisata bersejarah di Bali ini berlokasi pada sebuah tebing. Dalam situs ini berisikan patung-patung Pagoda.

Menjadi tempat ibadah umat Hindu di Bali. Tebing yang terukir dengan berbagai tulisan kuno, dan banyak yang mengatakan bahwa bangunan ini ada sejak Kerajaan Udayana Abad 11.

Bali sebagai surga dunia yang dianugerahkan Tuhan di Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh, cukup dalam negeri yang begitu cantik dan eksotis akan keindahan alamnya.

Kita sebaiknya menjadi duta bagi daerah sendiri, mengenalkan apa yang kita punya dan ikut menjaga ekosistem tersebut. Karena pariwisata juga merupakan penggerak perekonomian yang sangat berpengaruh.

Berbagai destinasi tempat wisata bersejarah di Bali ini akan membuat study tour baik pelajar maupun para guru menyenangkan. Tidak hanya belajar namun juga menikmati pemandangan baru tentang nuansa yang khas akan Pulau Dewata.

# Share this information with your friends

Contact Us

If you have any questions, please contact us.