12 Tempat Wisata Di Bali Barat Yang Belum Terdengar Traveller Indonesia

192 views

Apakah Anda sedang mencari destinasi wisata yang baru? Mungkin tempat wisata di Bali Barat bisa menjadi solusinya. Sebab, ada banyak tempat wisata di wilayah Bali Barat yang indah, tapi belum banyak diekspos oleh wisatawan. Apa sajakah tempat wisatanya? Simak ulasannya berikut ini!

tempat wisata bali barat

Daftar Tempat Wisata di Bali Barat yang Belum Populer

Ada banyak tempat wisata di wilayah Bali Barat yang sangat menarik untuk dikunjungi, dan berikut ini beberapa tempatnya:

 

1. Glamping di Menjangan Dynasty Resort

Tempat wisata di Bali Barat yang sayang untuk dilewatkan adalah Glamping di Menjangan Dynasty Resort. Resort yang satu ini terletak di semenanjung sunyi yang menawarkan tren global dengan pengalaman intim yang dipadukan dengan nuansa alam dan tidak menghilangkan sisi kemewahan dan kenyamanan untuk para pengunjungnya.

Glamping bisa dikatakan sebagai salah satu wujud baru dari berkemah biasa dengan pemandangan serba biru. Untuk menikmati pengalaman yang lebih menarik, tidak ada salahnya untuk menyewa Cliff Tent Villa yang dibuat langsung di Afrika Selatan dengan kanvas berlapis ganda yang lengkap dengan AC dan kolam renang pribadinya. Dengan nuansa safari di sekitarnya, dijamin akan membuat liburan Anda bersama dengan yang terkasih jadi lebih menyenangkan.

 

2. Air Terjun di Desa Musi

Air terjun di Desa Musi juga termasuk tempat wisata di Bali Barat yang baru dikenal di kalangan penduduk lokal saja. Padahal di tempat ini, ada sebuah keindahan alam yang berada di kawasan tebing, dan tidak jauh dari sana ada air terjun yang berjatuhan dengan indahnya ke dalam sebuah kolam alami.

Berhubung lokasinya belum banyak terjamah, cara untuk mencapai ke air terjun itu adalah dengan bertanya ke penduduk desa setempat yang sudah tiba di desa Musi. Ketika senja datang, Anda bisa berjalan-jalan mengitari desa Musi sembari mencari pura Hindu dan mengamati gaya hidup dari penduduk desa yang penuh kesederhanaan.

 

3. Hamparan tebing hijau Desa Yehembang

Tempat wisata di Bali Barat lainnya yang juga sayang untuk dilewatkan adalah hamparan tebing hijau di desa Yehembang. Ada salah satu spot andalan di desa tak berpenghuni yang ada di Bali Barat ini, dan itu bernama Green Cliff. Diberi nama green cliff karena tebing-tebingnya memang indah dan berwarna hijau. Jadi, ketika Anda tiba di puncak bukit, pasti akan menemukan sebuah panorama tebing Yeh yang sangat luas dan di sekitarnya terdapat suara air sungai.  Ada banyak spot foto yang sayang untuk dilewatkan, dan di dekatnya terdapat sebuah kawasan populer berama Pura Rambut Siwi, yang sangat mudah untuk dijangkau.

4. Pesawat terdampar

Ada salah satu tempat wisata yang menarik di Bali Barat dan sayang dilewatkan, salah satunya wisata Pesawat Terdampar. Walaupun sudah bukan hal biasa untuk penduduk lokal di Kabupaten Jembrana di Bali Barat, tetapi pesawat terdampar menjadi salah satu tempat yang menarik.

Kabarnya, pemilik dari pesawat Boeing 737 ini ingin mengubahnya menjadi perpustakaan, restoran atau kafe, tetapi semuanya tidak ada yang  terlaksana. Namun ada juga yang menyebut bahwa pesawat terdampar itu bisa diubah menjadi sebuah villa. Namun sampai saat ini, belum ada yang terealisasi.

5. Menjangan Dynasty Resort

Menjangan Dynasty Resort menjadi salah satu tempat wisata di Bali Barat yang juga terkenal dengan lokasi diving kelas dunianya, yang sengaja dirancang menyatu dengan lingkungan dan memberikan pengalaman yang luar biasa menyenangkan.

Pulau Menjangan yang tidak berpenghuni kabarnya tidak mempunyai karang terbaik, dan sangat terkenal dengan arusnya yang lemah. Tak heran, jika Anda mengikuti trip snorkeling atau diving bisa berlangsung hingga 4 sampai 5 jam, dan dapat mengunjungi dua lokasi berbeda dengan peralatan lengkap, ditambah makan siang dan pemandu.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas Stand Up Paddle (SUP) di pulau ini yang digunakan untuk menyusuri hutan bakau, dan bisa mencoba aktivitas lainnya seperti Rainforest Tracking selama 8 jam yang akan membawa Anda langsung menuju jantung hutan.

6. Gereja Katolik di Desa Palasari

Mungkin aneh rasanya ketika Anda mengetahui jika ada sebuah gereja yang bernilai tinggi di kawasan Bali Barat. Ya, gereja itu adalah Gereja Palasari, yang lokasinya berada di mayoritas komunitas agama Hindu, tetapi bisa hidup berdampingan.

Tempat wisata di Bali Barat ini terkenal dengan arsitekturnya yang indah,  dan dirancang langsung oleh Bapa Ignatius A.M. de Vriese yang dibangun antara tahun 1953 dan 1958, yang mencampurkan antara budaya tradisional Bali dan gothic. Gereja ini sekarang diberi nama Paroki Hati Kudus Yesus yang sudah punya 1400 jemaat dan menjadi yang terbesar di Pulau Bali.

7. The Octagon Ocean Club di Plataran Menjangan

Bagi Anda yang menyukai alam liar, tidak ada salahnya untuk mengunjungi The Octagon Ocean Club yang ada di Plataran Menjangan, yang lokasinya di Taman Nasional Bali Barat.  Resort berlantai tiga khas yang langsung ke laut dan Pulau Menjangan ini, dibangun dengan menyerupai Oktagon supaya bisa mendapatkan 360 derajat dari Taman Nasional dan laut yang ada di hadapannya. Tempat wisata di Bali Barat yang punya infinity pool sepanjang 33 meter ini diketahui menawarkan pengalaman makan yang unik khas laut yang segar, serta masakan Asia dan internasional yang dipadukan dengan pertunjukan kesenian dan pengalaman alam liar di Bali Barat.

8. Sungai Gelar

Jika Anda merasa bosan dengan wisata alam berupa pantai, maka tidak ada salahnya mencoba menikmati tempat wisata di Bali Barat yang berupa sungai alami yang sangat memacu adrenalin. Sungai Gelar merupakan sungai yang memiliki mata air yang segar dan jernih yang letaknya dekat Green Cliff yang ada di Kabupaten Jembrana, dan semakin populer saat ini. Anda bisa melakukan banyak aktivitas yang berkaitan dengan air di Sungai Gelar, maka dari itu jangan lupa membawa peralatan renang yang lengkap ya.

9. Air terjun di Batu Belah, Dewasana

Air terjun di Batu Belah, Dewasana menjadi salah satu air terjun berbatu yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Tempat wisata di Bali Barat ini memiliki keistimewaan karena disebut ‘batu belah’ yang merupakan batu yang terbagi menjadi dua. Air yang mengalir dari sebuah kolam indah akan membuat Anda bisa mandi sepuasnya sambil menyegarkan diri. Selain itu, tempat yang sunyi dan nuansa alam yang megah membuat siapapun pasti betah berlama-lama di tempat ini.

1o. Pohon Bunut Bolong

Ada salah satu tempat wisata di Bali Barat yang berada di desa Manggissari yang merupakan sebuah pohon megah, dan sangat terkenal dengan kekuatan supranaturalnya. Tidak seperti pohon beringin raksasa pada umumnya, Pohon Bunut Bolong yang artinya pohon yang berlubang di tengahnya, memiliki sejarah yang sangat tidak menyenangkan.

Pohon ini punya akar yang membagi kedua sisi jalan, dan menyatu di bagian atas untuk membentuk sebuah lorong. Pasangan pengantin disarankan untuk tidak melalui lorong tersebut karena diyakini bisa menimbulkan yang namanya perpisahan.

12. Bali Tower Restaurant

Tempat wisata di Bali Barat yang satu ini diketahui menyuguhkan nuansa romantis, karena merupakan bangunan terbuka di sebuah menara yang menjulang tinggi di tengah hutan.  Restoran ini masih bagian dari Menjangan Resort dan berada di tengah kawasan Taman Nasional Bali Barat. Banyak sekali kehidupan liar di sekitarnya, hingga satwa yang sudah terancam punah. Ketika akan berkunjung ke Bali Tower Restaurant, Anda mungkin akan berpapasan dengan rusa dan beraneka macam jenis burung. ini bisa anda nikmati dengan mengikuti paket wisata bali murah aja.

12. Pantai Soka

Tempat wisata di Bali Barat berikutnya yaitu Pantai Soka, pantai yang memiliki pemandangan langka dengan pasir hitam, tetapi di sekelilingnya benar-benar hijau. Latar belakang pantai ini pun sangat eksotis dengan banyaknya gulungan bukit di satu sisi dan pemandangan megah di puncak Gunung Agung pada sisi yang lain.

Konon kabarnya, pantai ini punya banyak mitos dan misteri, di mana perairan dan batu karangnya yang besar, diyakini merupakan pncai memasak dari Ksatria Bali, yakni Kebo Iwa. Apabila Anda sangat senang berpetualang ala Narnia, cobalah untuk menjelajahi formasi bebatuan karangnya dan kemudian temukan apa yang menjadi rahasianya.