12 Wisata Unik di Bali yang tak di lirik Wisatawan Domestik

144 views

Wisata unik di Bali tentunya bukan merupakan suatu hal yang mengagetkan lagi. Bahkan para pengunjung domestik malah sudah tidak begitu tertarik lagi. Kendati demikian, bukan berarti destinasi wisata klasik ini tidak laku. Salah besar, akan tetapi malah mampu menarik perhatian tamu dari Eropa, dan ini memang sungguh-sungguh terjadi.

Berbicara tentang tempat wisata Indonesia, masih ada yang kurang kalau tidak menyebut pulau Dewata Bali. Salah satu milik Indonesia yang menyimpan surga dengan cara yang sangat sempurna. Bali juga merupakan tempat wisata yang selalu menjadi buruan para wisatawan.

12 Wisata Unik Di Bali Diminati Tamu Eropa Namun Tidak Tamu Domestik
balihbalihan.com

Beberapa Wisata Unik di Bali yang Disukai Tamu Eropa

Pulau Bali selalu saja menjadi tujuan utama saat waktu liburan tiba. Tidak hanya saat liburan saja, akan tetapi juga untuk Honeymoon bersama kekasih tercinta. Sudah tercatat banyak Turis yang mengunjungi Bali, bahkan mereka juga memberikan apresiasi yang tersendiri. Namun, pada kenyataanya juga para turis tersebut lebih suka mengunjungi wisata-wisata klasik.

1. Wisata Desa Tenganan

Tahukah anda bahwa wisata unik di Bali ini merupakan destinasi wisata yang populer bagi wisatawan mancanegara. Lokasinya berada di Kecamatan Manggis, Kabupaten karangasem, Timur Pulau Bali. Pada tempat inilah anda akan melihat kebudayaan asli Bali.

Perlu anda ketahui bahwa profesi masyarakat setempat adalah seorang petani dan pengrajin. teknik yang digunakan untuk membuat kerajinan tersebut juga merupakan teknik turun-temurun dari para leluhur. Kerajinan tersebut berupa anyaman dari bambu, lukisan dengan daun lontar, kain tenun, dan ukir-ukiran.

Kain tenun hasil karya desa Tenganan bernama kain Gringsing. Maka dari itu, desa ini juga mempunyai nama desa Pegringsingan Bali. Cara pengerjaan kain tersebut dengan metode teknik dobel ikat. Teknik ini juga merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi wisata unik di Bali ini juga memiliki Perang Pandan. Ini juga menjadi daya tarik utama para wisatawan. Pergelaran tradisi ini terjadi pada bulan Juni dan Juli. Perang ini adalah perang sepasang pemuda desa yang saling sayat menyayat dengan duri daun Pandan. Setelah selesai, luka-lukanya bakalan diobati menggunakan obat tradisional dengan umbi-umbian.

2. Tempat Wisata Desa Sembiran Buleleng

Perlu anda ketahui bahwa Desa Sembiran ini merupakan tempat wisata unik di Bali yang sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi. Letak lebih tepatnya berada Kecamatan tejakula, kabupaten Buleleng. Desa tersebut juga sudah ada sejak zaman Batu Tua. Hal tersebut beralasan karena bangunannya banyak yang masih menggunakan batu.

Tidak heran jika turis-turis sangat tertarik untuk mengunjunginya. Karena mereka dapat melihat beberapa perabotan kuno yang berasal dari peradaban lalu. Benda-benda tersebut memiliki bentuk Side Chopper, Palu Batu, Kapak Tangan, Flakes. Bukan hanya itu saja, tetapi juga terdapat beberapa bangunan Kuno yang masih dalam wujud bagus,karena dilestarikan.

Pada desa ini juga terdapat 17 Pura yang dibangun pada masa megalitikum. Bentuknya juga unik berbeda dengan bentuk-bentuk Candi yang ada di India ataupun Jawa. Tempat suci ini juga memiliki fungsi untuk menyembah arwah leluhur. Kemudian, meskipun perkembangan zaman saat ini sudah pesat, tetapi warga desa ini tidak sedikitpun meninggalkan kebudayaan warisan leluhur.

3. Desa Sidemen Retret yang Tersembunyi

Sidemen adalah salah satu lembah untuk pertanian yang membentuk jalan sampai menuju ke puncak Gunung Agung. Wajar saja, jika wisata unik di Bali ini memiliki pengunjung paling banyak dari mancanegara. Karena selain unik, tempat ini juga memberikan udara sejuk dan segar tambah lagi pemandangan alamnya yang sangat mempesona.

Daerah ini juga merupakan daerah Bali yang memiliki aura spiritual paling kuat. Tempat ini juga banyak terdapat Candi Hindu yang memang menjadi agama mayoritas di sana. Untuk area perumahan warga memiliki pemisah yakni lapangan. Inilah keunikan dari desa ini karena rumah berada pada sisi kanan sedangkan lapangan berada pada sisi kiri.

Banyak sekali turis yang menghabiskan waktunya untuk berjalan-jalan di sawah dan juga berfoto-foto nan manja. Tak hanya itu saja, tetapi mereka juga melakukan petualangan dengan rafting. Bahkan beberapa orang yang juga mengatur perjalanan untuk sampai pada Gunung Agung. Hal yang paling unik lagi yang juga mendapat apresiasi dari banyak wisatawan adalah adanya pembuatan tekstil yang bernama Ikat dan juga Songket.

4. Desa Munduk yang Mempesona

Bagaimana tidak menjadi wisata unik di Bali yang menjadi incaran banyak turis, kalau panorama yang disuguhkan berupa alam, namun bukan pantai. Letak pasnya berada di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, kawasan Bali Utara. Sekitar 35 km dari kota Singaraja. Sungguh suguhan yang diberikan Desa Munduk ini adalah segarnya udara pegunungan jauh dari polusi.

Namun yang menjadi daya tarik utama para turis adalah pesona alam pegunungan yang cantik dan sejuk di dataran tinggi. Bahkan saat ada kabut pagi hari, membuat para pengunjung berada di atas awan. Pesona tersebut tambah mempesona karena adanya hamparan kebun kopi dan cengkeh.

Adanya air terjun dan juga kegiatan memanen tanaman kopi juga cengkeh tersebut memberikan kesan tersendiri. Beberapa orang turis juga memberikan apresiasi the best untuk tempat wisata ini. Karena memang mereka sudah terbiasa dengan keramaian kendaraan. Sayangnya, bukan hanya wisata alam saja, pengunjung juga bisa menemukan pengrajin Tire khas dari desa tersebut. Tire merupakan hiasan yang umumnya digunakan saat upacara pernikahan.

5. Uniknya Desa Trunyan

Letak wisata unik di Bali ini berada di kecamatan Kintamani, kabupaten Bangli. Karena keunikannya, desa ini mampu menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Trunyan ini memiliki tradisi pemakaman yang sangat unik daripada pada daerah di Bali lainnya. Keunikan tersebut adalah meletakkan jenazah begitu saja pada area pemakaman tanpa penguburan ataupun Ngaben terlebih dahulu.

Meskipun demikian, mayat-mayat tersebut tidak bau busuk sedikitpun. Bukankah secara logika akan bau busuk pasti akan tercium. Mengapa demikian? Karena jenazah tersebut diletakkan berada pada bawah pohon Taru Menyan. Pohon tersebut dipercaya masyarakat setempat mempunyai bau yang sangat wangi. Sehingga dapat menetralisir udara pada sekitarnya.

Baca juga : paket wisata Bali unik

6. Gebug Ende di Pemuteran

Ciri khas desa Pemuteran wisata unik di Bali ini adalah tradisi meminta hujan atau disebut dengan Gebug Ende. Tarian ini dilakukan oleh sepasang orang yang saling pukul-pukulan. Jika diantara mereka sudah ada darah yang mengalir dari dalam tubuh, pertanda alam akan memberikan anugerah berupa air hujan.

Ritual sakral ini mulai dengan adanya upacara Mecaru pada lokasi yang akan menjadi tempat terjadinya perang tersebut. Juga adanya tabuhan gamelan. Tujuannya bukan hanya untuk meminta hujan saja, akan tetapi juga untuk mendapatkan cahaya terang karena kegelapan, dan menghilangkan dendam.

Terjadinya tradisi ini karena masyarakat pernah mengalami musibah kemarau yang panjang. Saat melihat ritual tersebut tentunya membuat turis terpesona dan kagum saat melihat kebudayaan Bali tersebut.

7. Pantai Amed yang Suci

Selain menjadi wisata unik di Bali nyatanya tempat ini juga termasuk dalam tempat yang disucikan oleh masyarakat. Mengapa demikian? Karena setelah upacara Ngaben abu jenazah dihanyutkan. Selain itu juga keunikan dari pantai ini adalah pada setiap Kajeng Kliwon tempat ini banyak dipadati penduduk guna Melukat.

Melukat adalah pembersihan diri dengan niskala dan skala. Tidak mengherankan lagi, bila destinasi wisata ini banyak digemari para tamu-tamu Eropa. Karena budaya Bali yang kental tersebut memberikan ciri khas Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kaya akan keberagaman.

8. Keunikan Desa Sidetapa

Lokasi desa wisata unik di Bali ini berada dekat dengan desa Bali Aga yang lain yakni Pandawa, Cempaga, Tigawasa. Kebudayaan yang terkenal yang membuat kagum para Turis mancanegara adalah kerajinan bambunya. Namun bukan hanya itu saja.

Akan tetapi juga bentuk rumah adat dengan menggunakan pola yang sangat unik. Konsep tersebut adalah Tri Mandala. Bahkan, di tengah-tengah perkembangan model bangunan seperti saat ini, rumah ini masih ada dan juga terawat dengan baik. Keunikannya bisa dilihat karena rumah ini sengaja dibangun dengan membelakangi jalan. Temboknya juga terbuat dari Tanah.

Konsep Tri Mandala dengan bagian luar untuk tempat menerima kedatangan kerabat dan juga tempat untuk beristirahat. Untuk aktivitas para pemilik seperti memasak berada di Madya Mandala. Sedangkan untuk Utama Mandala merupakan tempat tertinggi yang berkaitan dengan kegiatan spiritual. Dalam ruangan tersebut juga terdapat Taksu dan Pelangkiran.

9. Tirta Empul Tampaksiring

Wisata unik Bali yang menjadi buruan para turis yang selanjutnya adalah Tirta Empul Tampaksiring. Destinasi wisata populer ini berada pada Kabupaten Gianyar. Tirta ini adalah pemandian suci untuk para umat yang melakukan Ngruwat. Guna menghilangkan segala bentuk dan juga jenis pengaruh negatif yang terdapat pada tubuh.

10. Tari Barong di Batubulan

Sebenarnya wisata unik di Bali Batubulan ini merupakan tarian sakral yang pementasannya hanya saat upacara keagamaan Hindu. Namun, karena berkembanganya pariwisata Bali, maka tarian ini juga sebagai hiburan. Sudah menjadi hal yang wajar, apabila banyak turis yang menyukai tempat ini. Karena mereka dapat mengetahui bagaimana salah satu kekayaan Indonesia.

Meskipun demikian, juga terdapat juga sisi mistis. Kisah dalam tarian tersebut adalah pertempuran kebaikan dan keburukan.

11. Puri Tabanan yang Menakjubkan

Tabanan tidak hanya terkenal dengan suguhan panorama pemandangan yang eksotis, pegunungan juga hamparan sawahnya. Akan tetapi, tempat wisata yang kental dengan adanya budaya yang masih original. Salah satunya adalah Puri Anom Tabanan.

Puri ini kembali memperlihatkan wisata budaya dan juga sebagai pengembangan wisata Tabanan. Pengempon Puri ini memberi nama Tabanan Royal Culture Night. Bahkan, karena tempat wisata unik di Bali ini memiliki desain dan juga konsep yang khas mampu menarik turis mancanegara. Bahkan, Putu Arya Wiguna menyatakan wisatawan yang paling banyak berkunjung adalah Eropa, Thailand, India, dan juga Filipina. Untuk para wisatawan Eropa mereka sangat excited dengan arsitektur bangunan Puri yang masih klasik dan juga kuno.

12. Desa Gelgel Banyak Mengundang Perhatian

Adanya kebudayaan Hindu yang kental pada wisata unik Bali ini membuat tamu Eropa atau turis menjadi rebutan. Gelgel juga termasuk dalam kategori desa tertua. Mengapa demikian? Karena para wisatawan mancanegara ingin mengetahui nilai sejarah, kesenian, juga budayanya.

Bukan hanya itu saja, bahkan masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya masih menggunakan baju adat sekitar. Paling uniknya adalah desa ini sebagai pengrajin tembikar. Bahkan hasilnya sudah sampai pada kancah internasional.

Nah, beberapa deretan wisata unik di Bali tersebut merupakan tempat-tempat yang menjadi rebutan para Turis mancanegara.